Rabu, 26 November 2014

1.Langkah Awal Menuju Lucid Dream



Langkah Awal Menuju Lucid Dream



*INTRODUCTION*

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kalian, jika ada seseorang yang datang dan langsung mengatakan dia dapat sadar saat ia bermimpi dan dapat menciptakan dunianya sendiri sesuai keinginannya? Kalian pasti akan langsung melihatnya dengan wajah yang terheran-heran dan berpikir bahwa dia gila atau terobsesi dengan imajinasinya. Saya pun awalnya demikian.

Jika kalian berpikir seperti itu, maka salah! Kenapa? Saya pun gila? Hahaha. Well, karena dunia itu memang benar benar ada dan hanya orang-orang yang bertekad besar dan bersungguh - sungguh yang mampu masuk ke dalamnya, masih tidak percaya?

Kalian pasti pernah bermimpi dan merasa hanya sebagai penonton di setiap mimpi kalian dan terkadang kalian melakukan hal-hal yang sebenarnya tidak ingin kalian lakukan & tentu saja kalian tidak sadar kalau itu cuma mimpi.

Tetapi, bagaimana jika kalian dapat mengatur dan mengendalikannya sesuka hati dan dapat melakukan apapun yang kalian inginkan, yah tanpa takut ada yang marah atau melarang. Misalnya saja seperti terbang, berkencan dengan seseorang yang sangat kalian damba-dambakan, menjadi seseorang yang terkenal atau apapun itu. Bukankah menyenangkan jika memiliki tempat untuk menuangkan fantasi dan imajinasi kalian sendiri? Kalian pasti masih berpikir bahwa itu hal yang mustahil dan tidak masuk akal! Yah memang kedengarannya seperti itu dan rasanya saya juga seperti orang sakit jiwa yang menulis artikel ini.

Yup, kondisi itulah yang disebut dengan ‘LUCID DREAM’.

Dibaca (-_-)

Dan untuk membantu para pemula yang baru saja memulai karirnya sebagai Lucid Dreamer, kalian datang di tempat yang tepat (^w^).


“Apa sajakah yang harus saya lakukan?“



First Step (Langkah Awal)

Well, guys. Melakukan hal ini butuh kesabaran extra, ketekunan dan kalian harus bersungguh - sungguh. Sebab kalau cuma main – main atau sekedar uji coba doang yah saya tidak bisa menjamin hasilnya (-,-“).

Yup, menuju lucidity itu butuh proses yang bisa dibilang gampang – gampang susah dan sangat susah buat orang – orang yang mau hasil yang serba instan.

Jika hal - hal ini di abaikan, maka sekali lagi, saya tidak bisa menjamin dan tolong untuk tidak terlalu berharap merasakan lucidity. Karena maaf, kalian tidak akan pernah bisa merasakannya (T^T), sekeras apapun usaha kalian melakukan teknik/metode yang kalian pelajari dari website website lucid dream yang lain. Jadi, kalau kalian tidak mau kecewa, tidak ada salahnya meluangkan 1 – 5 menit waktu kalian untuk berlatih.

Langkah awal ini disebut juga dengan Yvonne Strahovski.

#1 – Tanamkan niat dan siapkan mental!
Percuma saja kalau kalian hanya bermain-main dan tidak serius menanggapinya. Bukankah sebelum melakukan sesuatu harus berniat terlebih dahulu? Setelah itu tekad kalian lah yang berbicara, menunjukkan seberapa besar niat kalian terhadap sesuatu.

Jika kalian merasa ragu atau terlalu takut, sebaiknya persiapkan diri saja terlebih dahulu dengan niat yang benar-benar bulat dan mental kalian pun juga harus siap. Namun yang harus kalian tahu, sebenarnya tidak ada yang perlu ditakutkan di dalam pikiran kalian sendiri.

#2 – Pada siang hari, biasakan diri dengan bertanya pada diri sendiri ‘Apa saya mimpi?’
Lakukan hal ini setiap hari, kapanpun kalian mengingatnya! ^^ . Dengan latihan yang cukup, secara otomatis, kalian akan terbiasa melakukannya bahkan saat kalian sedang bermimpi. Kalian harus menanyakannya dengan serius sekalipun kalian tau bahwa kalian tidak bermimpi sekarang.

#3 – Buatlah Dream Journal (Jurnal Mimpi)
‘Kenapa saya harus melakukannya?’
‘Bagaimana kalo orang-orang menemukannya dan berpikir saya aneh?’
‘Kenapa kalo saya tidak membuatnya?’

Pertanyaan – pertanyaan ini paling sering saya dapatkan dari kebanyakan pemula. Well, logikanya saja, bagaimana kalian ingin ‘berlucid dreaming’ sedangkan mimpi – mimpi yang biasa saja tidak dapat kalian ingat sama sekali. Kalau tujuan kalian hanya bermain – main saja. Saya sarankan untuk menyerah saja dari sekarang. Membuat jurnal mimpi merupakan langkah penting menuju lucidity.

Jurnal mimpi bukanlah sebuah diary, anggap saja Jurnal ini sebagai media kalian membuat cerita-cerita yang mungkin sedikit epic dan memang tidak masuk akal sama sekali. Mengisinya pun tidak sesulit yang dikira karena kita tidak usah repot – repot mengarang cerita setiap paginya. Tulis saja apa yang kalian lihat di dalam mimpi. Kalau kalian merasa sulit mengingat mimpi atau bahkan tidak bisa mengingatnya sama sekali, kalian bisa membaca artikel ini sebagai bantuan

Selalu letakkan jurnal mimpi dekat dengan tempat kalian tidur, atau taruh saja di samping bantal menjelang tidur. Segera catat segala hal yang kalian ingat di dalam mimpi saat kalian bangun. Mencegah kalian lupa mimpi kalian sendiri.

Kalian juga bisa menggunakan perekam atau memo di hp sebagai media pengingat yang lain.

Tujuan membuat jurnal mimpi adalah membantu kalian mengenali elemen umum mimpi yang sering kalian lihat, sebagai tanda atau simbol bahwa kalian sedang bermimpi sekarang (seperti orang-orang dari masa lalu yang muncul, tempat-tempat atau simbol tertentu) . Garis bawahi hal – hal ganjil yang menurut kalian adalah petunjuk dari mimpi kalian.

Menulis jurnal mimpi juga meningkatkan kualitas Dream Recall (mengingat mimpi)

#4 – Reality Checks / Reality

Lakukan setidaknya 10 Reality Check (RC) setiap harinya. RC dapat membantu kalian menyadari “saya sedang bermimpi atau tidak?”. Kalian dapat melakukan beberapa diantaranya seperti:

  • Perhatikan benda-benda atau hal-hal disekitar, jika ada yang membuat kalian bingung, frustasi dan menurut kalian tidak rasional berarti kalian mimpi
  • Lihat tangan dan jari, pelajari detail garis tangan yang biasanya tidak akan terlalu jelas dalam mimpi
  • Lihat Jam, Hp atau ingat pola tertentu, biasanya benda-benda ini akan memiliki bentuk yang tidak beraturan, waktu dalam jam tidak konstan, jarum jam akan bergerak di tempat yang sama berulang – ulang dan kalian tidak dapat membaca dengan jelas tulisan di dalam hp kalian
  • Tutup hidung dan cobalah bernafas, jika kalian masih bisa bernafas berarti kalian bermimpi
  • Cobalah bersandar di dinding atau mendorong tangan kalian lewat dinding, di dalam mimpi biasanya tangan akan terselip masuk kedalam dinding
  • Berjalanlah menembus dinding, pintu atau cermin
  • Baliklah sebuah tombol lampu
  • Jika kalian melihat air, cobalah bernafas di dalam air
  • Melihat diri di cermin (tidak dianjurkan) menoleh dan lihat kembali, di dalam cermin pantulan diri akan selalu buram dan abstrak, terkadang bisa berubah mengerikan dan akan menjadi mimpi buruk bagi kalian
  • Melompat tinggi di udara atau mencoba terbang (tidak di anjurkan)
  • Cobalah menusuk jari kalian ke telapak tangan, dalam mimpi, jari akan masuk ke dalam telapak tangan
  • Cubitlah diri sendiri, namun terkadang di dalam mimpi cubitan pun akan terasa sakit


Tips: Lakukan 10 Reality check setiap kalian bangun di pagi hari atau menjelang tidur, kebiasaan ini akan kalian bawa di dalam mimpi.

#5 – Latihlah sensitifitas diri dengan ADA (All Day Awareness)
Teknik ADA adalah alternatif lain dari Reality Check. Teknik ini mengajarkan kalian untuk ‘awas’ terhadap hal hal disekitar kalian. Teknik ini mengharuskan kalian untuk diam dan meluangkan waktu sejenak untuk memperhatikan secara detil hal-hal yang berada di sekitar.

Perhatikan petunjuk mimpi (pelajari jurnal mimpi) dan hal yang berada di sekitar kalian seperti suara langkah kaki, warna dan tekstur benda-benda di ruangan atau tempat dimana kalian berada. Hal ini dilakukan agar membantu sensitifitas otak untuk lebih tanggap dan membuat kalian lebih mudah membedakan mana mimpi dan mana kenyataan.

#6 – Melatih emosi
Latihlah emosi dan ketenangan diri dengan cara melakukan yoga, meditasi hypnogogic atau biasakan diri dengan hal-hal yang terjadi didalam mimpi. Melatih hal ini dapat membantu meredam rasa panik, takut atau rasa terlalu senang ketika mengalami lucidity. Sebab hal-hal kecil seperti ini yang dapat langsung membangunkan kalian. Karena apapun yang terjadi di dalam mimpi selalu bersifat tidak rasional dan benar benar di luar nalar manusia (mustahil)

#7 – Jadilah seseorang yang berimajinasi tinggi dan selalu tanamkan sugesti
Sebelum tidur, imajinasikanlah mimpi yang ingin kalian alami. Dimana, dengan siapa dan apa yang akan kalian lakukan nantinya.

Sugestikan selalu ke alam bawah sadar kalian tentang lucid dream. Bahwa ‘saya ingin berlucid dreaming malam ini’ atau cobalah membaca artikel – artikel yang menyangkut lucid dream menjelang tidur.

#8 – Review atau baca kembali Jurnal Mimpi sebelumnya
 Melakukan kebiasaan ini membantu kalian memasuki Lucid Dream secara mudah dan secara tidak langsung mengenalkan diri pada kondisi yang sering terjadi di dalam mimpi.

#9 – Jadilah ‘PRO-AKTIF’ terhadap mimpi dan impian
Termotivasilah terhadap mimpi kalian dan berkeinginan besar untuk mewujudkannya. Tapi jangan terlalu terobsesi yah ^^

#10 – Yakin dan percaya bahwa “Saya bisa melakukannya!!” Dan tidak pernah menyerah untuk terus mencoba
Pertama kali mencoba lucid dreaming dan gagal, pastilah merasa kecewa dan membuat kita merasa bahwa hal ini sangat sulit dilakukan dan semakin meyakinkan bahwa fenomena ini adalah sebuah impian yang mustahil, sehingga kalian memutuskan untuk menyerah dan menganggap ini hanyalah sebuah omong kosong saja.

“Something is worth having, it’s worth working for!” –Anonymous

Lucid dream adalah sesuatu yang berharga. Dan jika kalian ingin sesuatu yang  berharga, kalian harus berkorban terlebih dahulu. Semuanya butuh waktu! Jadi teruslah percaya bahwa kalian bisa melakukannya! Tekunlah berlatih!

#11 – Tingkatkan Intensitas mimpi dan kesadaran terhadap mimpi
Bagaimana cara melakukannya? Mudah saja. Banyaklah melibatkan diri dengan hal-hal yang berkaitan dengan lucid dream pada siang hari (khususnya sebelum tidur) seperti membaca artikel ini atau artikel lain yang berhubungan dengan lucidity. Tanpa kalian sadari, kalian telah memberi sugesti kepada alam bawah sadar kalian secara terus menerus. Hal ini membantu memicu kesadaran di dalam mimpi.

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas secara terus menerus, dapat membantu keberhasilan kalian menjadi ‘Lucid’. Memang rasanya agak sedikit aneh, membuat kalian khawatir mungkin dan beberapa dari kalian ada yang berpikir bahwa hal-hal di atas sangat merepotkan dan buang buang waktu saja. Tapi saya rasa kalau kalian memang bersungguh – sungguh, sepertinya tidak akan menjadi masalah.

Kalau kalian merasa khawatir dengan efek samping yang diciptakan oleh ‘Lucid Dream ini, well, mulailah untuk berpikir secara positif, sampai saat ini belum ada orang yang mati karena terjebak atau tidak bisa bangun lagi karena masuk ke dalam Lucid Dream. Ini bukanlah aktifitas paranormal yang tidak diketahui kebenarannya. Faktanya, lebih sulit menahan diri di dalam lucid dream daripada membangunkan diri.


0 komentar:

Posting Komentar