Sabtu, 29 November 2014

cara menyadari kalau sedang mimpi



Cara Menjadi Lucid Di Dalam Mimpi



Bagi banyak pemula, memahami secara tepat bagaimana menjadi lucid di dalam mimpi adalah rintangan utama. Sampai mendapatkan Lucid Dream pertama, mekanismenya mungkin akan terasa sulit dipahami, yang menyebabkan banyak yang menyerah sebelum memulai. Jadi, saya rasa mungkin akan berguna jika memberi sedikit bantuan ‘bagaimana cara memicu lucid dream’.

Di bawah ini ada lima cara berbeda untuk mendapatkan lucid dream malam ini. Beberapa metode mungkin agak sedikit sulit dilakukan dibanding yang lain. Namun, dengan pengalaman, kalian akan menggunakan semua cara ini sebagai gerbang menuju dunia lucid dream kalian. ^^


Lucid Dream Trigger #1 – Kesadaran Secara Spontan

Ini adalah jenis lucid dream yang paling sering dialami oleh para pemula. Faktanya, lucid dream pertama kalian mungkin saja terjadi karena Lucidity yang secara spontan. Hal ini terjadi saat kalian menyadari “Ini mimpi!” untuk alasan yang tidak rasional. Atau mungkin mimpi kalian menjadi sangat aneh (atau mungkin saja mimpi buruk yang mengerikan) yang membuat kesadaran kalian langsung datang begitu saja.

Lucidity spontan sangat bergantung pada keberuntungan. Namun, dengan menambah kesadaran diri saat beraktifitas di siang hari, kalian dapat melatih diri menjadi lebih baik dalam memahami kondisi di dalam mimpi, dan karenanya, lebih mempermudah diri menjadi Lucid di dalam mimpi lewat hal hal aneh yang terjadi.

Cara mudah memicu kesadaran spontan ini bisa melalui Reality check, memahami lucid dream lebih dalam lagi dan mulai membuat jurnal mimpi.


Lucid Dream Trigger #2 – Pengertian Karakter Mimpi

Penemuan psikologika terhadap lucid dreaming menjelaskan bahwa karakter di dalam mimpi adalah bagian dari jiwa alam bawah sadar kalian. Jadi metode ini juga bergantung pada pikiran alam bawah sadar kalian untuk memicu lucidity, jika dilihat dari sisi yang puitis.

Bisa saja terjadi secara spontan, atau kalian bisa memprogram alam bawah sadar menjelang tidur. Saya sering mengatur niat saya untuk berlucid dreaming lewat meditasi menjelang tidur dan pelan pelan berbicara dengan alam bawah sadar “saya akan berlucid dreaming malam ini”. Jika terbangun di tengah malam, saya akan mengulang niat saya sebelum tertidur lagi.

Dengan niat seperti ini terkadang kalian mungkin saja bermimpi mengalami lucid dream dan terkadang, karakter di dalam mimpi yang akan mengingatkan mengenai lucid dream ini, yang secara dramatis memicu dan menyadarkan kalian bahwa “hey! Saya lagi mimpi kan sekarang!”

Lucid Dream Trigger #3 – Pengertian Tema Mimpi

Penjelasan ini hampir mirip dengan penjelasan di atas. Tanamkan benih ke alam bawah sadar dengan cara berlatih menanamkan sugesti menjelang tidur. Kalian dapat merencanakan mimpi secara teknis (seperti berada di dunia ‘Alice in the wonderland’ atau sesuatu yang mirip seperti itu) atau secara simple menanam auto-sugesti “saya akan berlucid dreaming malam ini” pada saat menjelang tidur.

Terkadang, kalian akan mulai bermimpi tentang tema yang selalu kalian pikirkan setiap menjelang tidur. Dan itulah mengapa film horor bisa membuat kalian mengalami mimpi buruk. Pengalaman saat bangun atau lamunan lamunan pun akan memberi kesan bahwa mereka akan muncul di dalam mimpi di malam hari yang sama. Dan karena kalian sudah menyisipkan tema ini untuk menjadi lucid, maka akan menjadi lebih mudah memicu lucidity secara spontan.

Kalian juga bisa memprogram tema mimpi tentang lucid dream itu sendiri. Sebagai contoh seperti: “Waktu saya disana (tema mimpi), saya akan melihat tulisan ‘LUCID’ di dinding / di dataran / di dalam film”, yang dapat membantu memicu kesadaran secara spontan.


Lucid Dream Trigger #4 – Reality Checks

Melakukan pendekatan ini baik untuk lucid dream pertama dan secara garis besar menjadi teknik yang paling mudah untuk mencapai lucidity. Reality check secara otomatis mengatur kesadaran diri dalam mimpi melalui hal – hal yang berulang kali kalian lakukan di siang hari. Dengan demikian, bisa menciptakan lucidity secara spontan.

Sebuah reality check secara simple berarti mencoba melakukan sesuatu yang mustahil di kehidupan nyata – seperti mendorong tangan melalui dinding. Ketika melakukannya di siang hari (reality), tentu saja tidak akan ada yang terjadi. Namun jika melakukannya secara terus menerus akan berdampak pada hal hal yang akan kalian lakukan di dalam mimpi. Di dalam dunia mimpi yang aneh, tangan kita sering kali akan menembus / terselip masuk ke dalam dinding (khususnya jika kalian ingin hal itu terjadi dan menjadikan RC ini sebagai bagian dari reality check setiap hari) yang memberikan peluang besar untuk menjadi lucid. Selalu barengi reality check dengan bertanya “apa saya bermimpi?”

kalian hanya perlu melakukan reality check setiap harinya saat bangun tidur atau menjelang tidur. Pilihlah 1 – 3 reality check yang menurut kalian mudah dilakukan setiap saat. Saya memilih melihat tangan dan bilang ‘saya sadar!’ setiap melakukan reality check setiap harinya, hal ini saya pelajari dari artikel Ryan Hurd dan itu benar – benar membantu. Kemudahannya yah karena tangan tak pernah lepas dari tubuh kita dan bisa kita lakukan setiap saat. Menutup hidung dan mencoba bernafas adalah salah satu reality check yang mudah kalian lakukan.

Lucid Dream Trigger #5 – Wake Induced Lucid Dream (WILD)

Semakin meningkatkan meditasi dan kemampuan menyadarkan diri, maka semakin mudah melakukan teknik WILD kalian untuk pertama kalinya. Sejauh ini, teknik – teknik di atas dikelaskan dalam teknik Dream Induced Lucid Dream (DILD), yang berarti menjadi lucid dalam kondisi mimpi yang non-lucid. Dengan metode ini, kalian dapat menjalankan kesadaran secara langsung ke dalam lucid dream dari kondisi waking – state (bangun).

Mendapatkan WILD pertama, awalnya mungkin akan terasa sulit. Tetapi, kalian harus selalu mencoba dan lebih bersabar.
 
Semoga membantu & Good Luck!



1 komentar: