Kamis, 27 November 2014

pengertian lucid dream



Apa Itu Lucid Dreaming?



Apa itu Lucid Dreaming? Apakah terbukti secara ilmiah? Bisakah semua orang mempelajarinya? Berapa lama mempelajarinya?

Pasti banyak orang diluar sana yang bertanya – tanya soal lucid dream ini dan artikel inilah yang akan menjawab semua pertanyaan kalian. So welcome and check this out!

Apakah yang dimaksud dengan Lucid Dreaming?

Lucid Dreaming atau lebih dikenal dengan Lucid Dream (LD) adalah kemampuan untuk sadar di dalam mimpi dan secara langsung mengendalikannya. LD mengubah dunia dalam mimpi menjadi dunia alternatif virtual reality – dimana kita bisa melihat, mendengar, merasakan dan mencoba sesuatu yang tak jauh berbeda dengan kehidupan nyata.

Lucidity terjadi disaat kondisi kesadaran seseorang yang berubah, ‘ketika kita sadar kita sedang bermimpi’ – dan otak akan beralih menjadi “mode aktif” di dalam mimpi.

Di mimpi normal, kesadaran kita tidak diaktifkan sama sekali. Itulah mengapa mimpi menjadi hal yang membingungkan, terasa jauh dan aneh. Namun, pada saat lucid, kesadaran otak akan bangun saat kita sedang tertidur lelap.

Kondisi ini alami dan aman, sebab hal ini bukanlah menyangkut ‘out of body experience’ – karena kita selalu tertidur di ranjang. Dan jika kalian mau, kalian bisa membuat diri kalian bangun jika merasa panik dan takut.

Ketika menjadi lucid, akal dan rasa akan hidup atau dengan kata lain menjadi aktif kembali. Kalian dapat menjelajahi cara kerja alam bawah sadar kalian dengan kebebasan penuh.

Apakah Lucid Dreaming terbukti secara ilmiah?

Tibetan Monks telah menggunakan pengendalian mimpi lebih dari 1000 tahun, di dalam filosofi yang disebut dengan “Dream Yoga”. Jadi, dipastikan hal ini bukanlah fenomena baru. Namun, istilah modern “Lucid Dream”  belum diciptakan hingga abad ke – 20. Psikiater Dutch, Frederik Van Eden lah yang menyebut hal ini dengan istilah ‘Lucid Dream’ yang berarti kemurnian mental di dalam mimpi.

Konsep lucid dream kemudian dipopulerkan oleh Celia Green di tahun 1960, yang menunjukkan potensial ilmiah tentang kesadaran di dalam mimpi. Beliau lah yang pertama kali menghubungkan REM sleep dengan False Awakening.

Bukti penelitian pertama dari lucid dreaming dihasilkan oleh parapsikologi British, Keith Hearne. Beliau melakukannya dengan cara menangkap sinyal pergerakan mata dari rekan kerjanya, Alan Worsley, yang berada dalam posisi lucid dreaming di sebuah laboraturium miliknya.

Tetapi penemuan Hearne’s terselip di bawah radar utama jurnal para ilmuwan, dan Dr Stephen LaBerge dari Universitas Stanford lah yang menjadi terkenal karena mereplika eksperimen ini dan secara formal memperkenalkan penemuannya.

Seorang lucid dreamer berbakat, Stephen Laberge akhirnya mendirikan ‘Institut Lucidity’ pada tahun 1987 untuk mencari tahu jawaban dari: Apa itu Lucid Dream? Tujuannya adalah untuk mencari ‘the nature’ dan potensial kesadaran di dalam mimpi….. Sebuah hal yang mungkin suatu hari memberikan kemajuan yang pasti, di dalam pemahaman kita tentang pikiran manusia.

Dapatkah semua orang mempelajari dan mengalami lucid dream ini?

Well.. Ya, Saya percaya demikian. Kita semua pernah bermimpi (dimana kita ingat atau tidak sama sekali) dan juga saya pikir, kita semua memiliki kapasitas untuk menjadi sadar di dalam mimpi. Anak – anak pernah melaporkan soal lucid dream ini. Dan beberapa meditasi untuk kondisi degenerative seperti disease parkinson dapat menyebabkan lucid dream. Umur bukanlah faktor penentu bisa atau tidaknya seseorang.

Memiliki lucid dream sebenarnya tidak sesulit yang dikira, sekali kalian masuk ke dalam cara kerja yang benar. Penelitian menunjukkan bahwa semua orang akan mendapatkan setidaknya satu lucid dream dalam hidup mereka, secara kebetulan atau tidak sengaja. Dan jika ingin memiliki lucid dream secara pasti, yang harus kalian lakukan hanyalah masuk kedalam kebiasaan menyadari kondisi mimpi.

Banyak cara yang bisa kalian gunakan untuk sampai ke posisi alam bawah sadar, seperti:
  • Meditasi
  • Self hypnosis
  • Brainwave entrainment
  • Visualisasi
  • Reality Check
  • Herbal Mimpi
  • Dream Journaling


Kalian bisa melatih salah satu atau semua metode ini saat kalian bangun atau sebelum tidur, dengan tujuan menanam benih lucidity tersebut. Semuanya tergantung dari alam bawah sadar kalian yang memicu lucidity saat kalian tidur. Alam bawah sadar ini lah yang mengatur kemudahan setiap waktunya.

Faktanya, banyak orang yang sulit mendapat lucid dream pertama mereka antara tiga hari dan tiga minggu. Namun, dengan berlatih, kalian dapat melancarkan lucid dream secara pasti – dan akan menjadi semakin mudah jika kalian melatihnya dengan tekun.

Apa hebatnya Lucid Dreaming ini?

Awalnya, banyak orang tertuju pada ide menggunakan lucid dreaming sebagai pelarian atau mencari kebebasan. Di dalam dunia mimpi virtual reality, kalian dapat secara nyata terbang diatas kota, bertemu selebriti favorit sesuka kalian, atau menjadi seorang super hero. Dan lucid dreaming adalah cara yang lebih nyata dibanding melamun saja atau memainkan game favorite kalian.

Namun sekali kalian masuk kedalamnya, kalian akan mengerti bahwa lucid dreaming memiliki banyak aplikasi pribadi, seperti:
  • Menciptakan jalan keluar sebuah masalah
  • Meningkatkan kreatifitas
  • Menghadapi rasa takut terbesar
  • Menambah kepercayaan diri
  • Berlatih kemampuan baru
  • Meningkatkan ‘sense’ pada diri sendiri
  • Dan menjelajahi alam bawah sadar secara bebas


Robert Waggoner menjelaskan subjek subjek ini dibukunya yang berjudul ‘Lucid Dreaming: Gerbang menuju nurani’ (Original: Lucid Dreaming: Gateway to the self). Dia memperkenalkan cara baru untuk berinteraksi dengan lucid dream dan bagaimana caranya menggunakan figur mimpi untuk berkomunikasi dengan nurani kalian.

Jika seandainya semua itu bukanlah antusias kalian untuk masuk ke dalam lucidity, maka saya tidak tahu apa hebatnya hal ini! Lucid dreaming adalah alat psikologika yang powerful dan penguji mental yang hebat menurut saya.

Sebagai pemula, intermediate  atau expert oneironaut , saya berharap artikel – artikel saya mengenai lucid dream dapat membantu dan berguna, dalam tujuan pribadi kalian merasakan kesadaran dalam dunia mimpi yang tidak dapat dimengerti. Daripada hanya berandai – andai atau mengira arti mimpi kalian secara sembarangan atau hanya berdasarkan tafsir tafsir mimpi yang belum jelas kebenarannya. Bagaimana kalau kalian sendiri yang mencari tahu, apa yang ingin disampaikan oleh nurani kalian? :)


sumber:megumigumy.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar