Rabu, 26 November 2014

2.Kesalahan Para Beginner



[LUCID DREAM] 10 Kesalahan Para Beginner

Apakah kawan kawan tau kesalahan apa yang membuat para pemula seperti kita ini terkadang gagal untuk mencapai Lucidity? berikut ini akan dibahas oleh senior kita ‘Rebecca’, yang membagi pengalamannya lewat tulisan dan artikelnya yang ditujukan kepada para juniornya, dan menurut saya wajib untuk kalian baca dan pahami, yah kecuali jika kalian tidak serius dan memang tidak berniat.

Saya sendiri sudah merasakan Lucidity saya setelah membaca dan memahami artikel dari Ms. Rebecca (dan well ini bukanlah asli artikel saya, dan saya hanya menerjemahkannya saja) dan itu benar – benar berhasil, tidak percaya? Silahkan kalian mencobanya lagi sendiri, setelah mempelajari dimana letak kesalahan kalian. Artikel ini benar – benar berguna untuk memulai karir sebagai lucid dreamer setiap malamnya.

Menurut Rebecca “Banyak pemula berjuang mati-matian untuk masuk ke dalam lucidity namun gagal! Itu karena mereka melakukan kesalahan yang tidak mereka sadari. Sekalipun mereka berlatih berminggu-minggu atau berbulan-bulan, mereka akan keluar dengan hasil yang mengecewakan”.
So, kawan kawan ingin tahu kesalahan apa saja yang pernah kalian lakukan? Let’s check this out ^^.



10 Kesalahan Para Pemula
By Rebecca Turner
Translation by Aihara Megumi

Kesalahan #1 – Gagal Dalam Pendirian dan Komitmen!
Lucid Dreamer junior sering kali mengatakan “saya sudah sering kali mencoba untuk mendapatkan LD (Lucid Dream) dalam waktu yang cukup lama namun tetap saja tidak membuahkan hasil. Apa yang harus saya lakukan lagi?”

Masalah disini adalah banyak orang yang ingin solusi singkat seperti menggunakan tongkat sihir, menggunakan obat-obatan atau mengetahui rahasia tertentu untuk dapat langsung mengalami LD secara instan.

Namun fakta yang harus anda ketahui adalah ‘Jika anda ingin mendapatkan sesuatu yang berharga, bukankah anda harus berkorban terlebih dahulu?’

Ada beberapa orang yang memang secara alami memiliki kemampuan lucidity sejak kecil dan berhasil sadar ketika mereka bermimpi dan mengingat dengan jelas segala hal yang terjadi dalam mimpinya ketika terbangun dari tidur. Namun di luar dari mereka, mempelajari kemampuan baru ini butuh komitmen yang kuat. Hasil studi menunjukkan, untuk mendapatkan LD pertama, rata rata akan berhasil dalam waktu 3 – 21 hari. Itu berarti anda harus tetap berlatih dan bersabar.

Dari pengalaman saya, melakukan latihan ini setiap hari dapat membantu saya mencapai lucidity:
·         Luangkan waktu 10 menit mengingat dan menulis kembali mimpi anda di pagi hari
·         Lakukan 10 reality check setiap anda mengingatnya di siang hari
·         Luangkan 20 menit menanamkan sugesti kepada alam bawah sadar anda tentang Lucid Dream di siang hari dan sebelum tidur (Meditasi, Hypnogogic, Self hypnosis atau menggunakan Teknik MILD)
·         Luangkan 10 menit waktu anda berlatih menggunakan metode MILD atau WILD menjelang tidur
·          
Semua tergantung dalam 40 menit latihan anda. Menurut saya meluangkan waktu dalam bermeditasi dan menanam sugesti adalah rute yang paling kuat untuk masuk ke dalam LD.

Lakukan ini setiap hari ketika anda memiliki waktu luang dan anda akan memiliki kesempatan besar untuk merasakan Lucidity.

Ketika anda menjadi seorang Lucid Dreamer berpengelaman, semua latihan ini tak perlu anda lakukan lagi – anda dapat dengan mudahnya masuk ke dalam lucid dream anda.

Kesalahan #2 – Terobsesi Dan Mencoba Terlalu Keras!
“Saya sudah mencoba segala cara semalam” apa anda berpikir demikian sekarang?
 “Saya sudah melakukan MILD, WILD, Meditasi, melakukan ratusan reality checks. Bahkan banyak mengkonsumsi vit B6 sebelum tidur supaya lebih efektif. Tetap saja tidak terjadi apa-apa, malah saya tidur seperti biasa, saya tidak percaya!” iya kan?

Jadi, apa yang salah disini?

Untuk mengenai target, cara nyata yang klasik agar tepat sasaran adalah: Siap.. Bidik.. Tembak!

Namun dalam kasus diatas tanpa disadari anda telah melakukan kesalahan dalam: Siap.. Tembak! Tembak! Tembak! Tembak!

Melakukan segala teknik yang anda pelajari tak akan bekerja jika anda tidak melakukannya dengan skill yang cukup dan akurasi yang tepat!. Sebaiknya anda fokus pada beberapa tekhnik saja yang menurut anda nyaman dan tepat untuk anda lakukan, tentu saja sesuai dengan instruksi yang diberikan. Jangan memaksakan diri anda.

Pergilah tidur dan RELAX~, sebuah lucid dream tidak akan bisa dipaksakan.

Tidak ada gunanya merasa frustasi karena terlalu ingin masuk ke dalam Lucid Dream – Terkadang, memang tidak-ingin-terjadi karena tekanan ‘harus-bisa-masuk’ anda yang membuat tidak tenang dan melupakan hal penting yang seharusnya: Relax!!

Dan berusahalah untuk TIDAK membuat daftar-daftar merepotkan yang akan anda lakukan ketika mengalami menjelang tidur, tekanan itu akan mengacaukan pikiran anda. Just, Let it flow~ dan tidurlah seperti biasa anda melakukannya. Alam bawah sadar anda akan membimbing anda di dalam mimpi anda nanti, percayalah.

Kesalahan #3 – Kehilangan Jam tidur
Jika anda adalah salah seorang yang sudah berkeluarga, memiliki Balita dan anak-anak yang membangunkan anda di pagi buta. Lucid Dream biasanya menghindari anda, dengan kata lain seperti anda hidup di sebuah komunitas atau asrama yang memiliki jadwal bangun tidur setiap harinya, Lucid Dream akan menjadi hal yang sulit untuk anda.

Mimpi Sadar adalah hal yang benar-benar berharga untuk seorang lucid dreamer. Biasanya didapatkan pada waktu – waktu REM (Rapid eye movement) berkisar pada 3 -4 jam setelah tidur atau pada saat kita harus bangun di pagi hari antara jam 7-9 (berbeda tiap – tiap orang). Itu adalah waktu berpotensi anda untuk masuk ke dalam lucidity.

Jika anda merasa bahwa anda berada di situasi demikian, untuk membantu anda, saya memberikan anda 3 pilihan: tidur lebih cepat, tidur pada saat weekend anda atau tidur pada saat istirahat anda.


Kesalahan #4 – Dream Recall Yang Menyedihkan
Sering kali latihan lucid dreaming anda akan menjadi sia-sia jika anda seorang pengingat mimpi (Dream Recall) yang payah. Percuma saja jika anda berusaha keras memasuki dunia lucid dream jika anda saja tidak bisa mengingatnya nanti!

Belajar mengingat mimpi anda merupakan langkah awal ‘Terpenting’ untuk masuk ke dalam proses lucidity. Hal ini akan menambah level kewaspadaan anda terhadap mimpi anda, yang biasanya anda alami setiap anda tidur. Membuat anda lebih mudah mengalami lucidity di mimpi anda selanjutnya ketika melihat sesuatu yang tidak rasional (sadar secara instan).

Sama halnya, mimpi yang baik akan menambah intensitas anda terhadap mimpi. Ia akan mengajari alam bawah sadar anda bahwa mimpi anda adalah bagian terpenting dalam hidup anda – untuk diingat dan secara aktif terikat dengannya. Hal ini juga mampu membantu anda memprogram mimpi-mimpi anda sebelum anda masuk ke dalamnya.

“Tak peduli metode apapun yang saya gunakan sebelum tidur pada waktu itu, saya mudah mengalami lucid dreams jika saya menulis jurnal mimpi setiap harinya”

Kesalahan #5 – Tidak Menstabilkan Mimpi
Hal pertama yang saya lakukan pada saat mengalami Lucid Dream pertama saya adalah murni kesalahan seorang rookie. Well, sebenarnya tidak – itu hanya sekedar reality check. Namun hal kedua yang saya lakukan adalah mengeluarkan kata – kata malapetaka untuk saya sendiri: Saya berlari lari sambil berteriak ‘Saya mimpi! Saya mimpi!’, saya terlalu senang hingga akhirnya membuat saya terbangun.

Itu merupakan hal terkeren dalam kurang lebih 60 detik yang membuat pikiran saya menjadi buyar. Sungguh menyedihkan! Lucidity  sudah saya genggam – dan saya menyia-nyiakannya seperti pasir di tangan.

Ini merupakan kesalahan yang paling sering di lakukan para pemula. Namun, semuanya dapat diperbaiki jika ada yang mengingatkannya kepada anda bahwa ini mungkin akan terjadi. Dan inilah yang yang sedang saya lakukan sekarang.

Ketika anda pertama kali mengalami Lucid Dream – tetap tenang, SENYUM, yakin dan biarkan diri anda menikmatinya. Jangan mengekspresikan diri anda secara fisik dengan melompat-lompat kegirangan dan melakukan hal yang gila. Tidak sampai anda benar-benar menstabilkan mimpinya.

Dengan kata lain, meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan sampai mimpi anda benar-benar jelas. Sehingga ketika anda merasa senang, anda sudah dapat mengontrolnya.

Biasanya saya menggenggam tangan saya dan dengan tenang mengatakan ‘saya bermimpi’ dan mulai melakukan reality check. Jika penglihatan saya masih samar-samar dan masih belum stabil, saya akan mengatakan ‘Lebih jelas sekarang!’ dan mulai menjelajahi dengan segala sensasi. Saya menjaganya sampai mimpi saya benar benar jelas.

Apa yang akan terjadi jika anda tidak menjaga stabilitas lucid dream anda yang masih rapuh?
1.       Anda akan terbangun beberapa detik kemudian
Yang mana akan membuat anda merasa sangat kecewa, khususnya jika anda baru saja menjadi seorang lucid dreamer. Banyak dari para beginner mengeluh tentang lucid dream mereka yang hanya berlangsung selama 30 detik.
2.      Anda akan kembali ke dalam kondisi semi-lucidity –
Kondisi dimana anda dapat mengontrol diri anda, namun tidak dapat mengontrol hal yang lain. Selain itu, anda tidak dapat melihat dengan jelas dan akhirnya anda akan lupa bahwa anda sedang bermimpi.
Jadi, belajarlah.. Stabilkan mimpi anda! Dan Fokus!

Kesalahan #6 – Lupa akan Lucidity
Sekalipun anda berhasil menstabilkan lucid dream anda, sebagai pemula, lucidity anda masih sangat rapuh. Anda harus selalu mengingatkan diri anda bahwa anda sedang bermimpi setiap menit di dalam mimpi anda (Kurang lebihnya) agar anda tidak akan kehilangan kesadaran anda.

Lakukan ini dengan cara mencoba menstabilkan kembali mimpi anda persis seperti yang anda lakukan sebelumnya.

Bertahan dengan lucidity yang tinggi akan menahan anda lebih lama dan mempermudah mengatur mimpi anda.

Kesalahan #7 – Mencoba Berlari Sebelum Anda Bisa Berjalan
“Di dalam Lucid Dream saya, saya dapat terbang, bertengkar dengan bos saya, atau memanggil Angelina Jolie yang sedang telanjang” gerutu seorang pemula yang frustasi. “Mengendalikan mimpi benar benar gila!”

Ah, Grasshopper. Kau bahkan belum sampai kesana, itu saja.

Sementara kebanyakan orang berusaha mati-matian untuk mencoba mencari tahu pengendalian mimpi mereka dengan mempelajari dan melatih diri mereka perlahan-lahan.

Tak ada orang yang dapat langsung mengendalikan mimpinya begitu saja.

Saya tahu karena saya pernah mengalaminya.

Dalam lucid dream pertama saya (yang dulunya kebanyakan masih belum jelas dan stabil karena saya belum mengerti bagaimana meningkatkan lucidity saya), saya benar benar tidak dapat mengontrolnya. Yang dapat saya lakukan hanya berusaha untuk tetap sadar dengan tekad dan rasa penasaran, dan saya mulai menjelajahi mimpi yang disediakan untuk saya, tanpa perintah dan pengaruh dari kesadaran saya.

Awal Lucid Dream saya masih sangat MENABJUBKAN – dimana hanya berada di dalam kondisi intensitas yang tinggi dan kesadaran akan dunia virtual yang nyata. Tetapi, saya benar-benar tidak berdaya untuk mengontrolnya.

Dan kemudian, ketika saya mencoba untuk terbang, saya tidak dapat beranjak dari tanah. Saya hanya berdiri saja seperti lemon dan mulai berpikir ‘WTH, mengapa saya tidak dapat terbang?’ dan pola pikir itu seakan memberitahu saya efek yang akan terjadi nanti, karena kemampuan saya yang masih terbatas.

Selanjutnya saya mempelajari bahwa anda harus mengajari pikiran dalam mimpi anda mengenai peraturan di dalam dunia Lucid Dream anda. Jadi daripada anda mencoba terbang seperti Superman begitu saja, cobalah memantulkan diri di dataran dengan perasaan bahwa gravitasi anda sedikit berkurang.

Seperti yang saya katakan, lakukan perlahan – lahan.

Kemudian tambah pantulan anda menjadi lebih kuat lagi. Menuju udara dengan kekuatan anda yang baru. Coba lagi, persis seperti yang anda inginkan di dunia nyata, perlahan tapi pasti. Awal pengalaman ini akan memerintah mimpi anda selanjutnya, dan pikiran anda akan memahami Lucid Dream ini. Ini disebut dengan ‘Belajar Experiental’ mengenal alam bawah sadar anda.

Cara lain untuk memahami ini. Dalam MATRIX, Neo tidak percaya bahwa ia adalah sang terpilih dan mampu untuk berteleportasi dan memanipulasi dunia virtual realitinya. Dan ia menjadi terikat pada kepercayaan ini.

Dan akhirnya, ketika ia sadar kekuatannya berasal dari pikirannya, ia mampu membumbung tinggi ke udara melewati seluruh kata, melawan agen - agen jahat tanpa melakukan apapun dan membangunkan Trinity dari kematiannya.

Ini adalah salah satu demonstrasi yang indah dalam bagaimana memahami keyakinan anda (Ketika sadar dan tidak sadar). Perintahkan diri anda untuk sukses di dalam dunia lucid dream. Dengan kepercayaan diri yang tak ada habis habisnya, anda pun dapat membumbung tinggi. Namun jika anda kurang percaya diri untuk mempelajarinya, ambil satu langkah saja dan lakukan pelan pelan.

Kesalahan #8 Sex, Sex dan Sex
Pada awalnya, kebanyakan orang merasa bahwa sex adalah tujuan utama mereka dalam lucid dreaming. Dan sebenarnya itu tidak mengejutkan – Di dalam Lucid Dream, anda dapat menjelajahi dasar tingkatan manusia di segala tingkatan, melakukan sex dengan siapapun yang anda inginkan.

Namun hal ini harus anda garis bawahi. Sex dalam Mimpi sadar mengharuskan anda menggunakan banyak kemampuan dan konsentrasi yang tinggi. Permulaannya, lebih baik anda mencoba menstabilkan mimpi anda terlebih dahulu, memanggil sexual partner anda, dan harus tetap menstabilkan diri (cool down) di saat situasi mulai memanas. Jika tidak, sama halnya anda akan menderita karena sensor anda melewati batas dan anda akan terbangun begitu saja.

Selain itu, melancarkan sex di dalam lucid dream itu tidak selalu mudah. Sering kali, alam bawah sadar anda memiliki agenda yang lain, dan tak peduli seberapa besar motivasi anda untuk melepaskan hasrat anda, pikiran di dalam mimpi anda ingin melakukan pengalaman yang lain. Jadi jangan terlalu kaget, jika anda menemukan idola anda yang begitu hot berubah menjadi seorang buruk rupa yang tak anda kenal dan membuat anda kebingungan.

Untuk para pemula, merencanakan lucid dream sex akan berakhir dengan buruan para kerbau-kerbau liar. Jika anda melakukannya dengan cara yang salah, anda akan berakhir dengan kecewa. Dan dapat membuat anda kehilangan momen terbaik anda untuk mengalami lucid dream karena terlalu berambisi dengan hal ini.

Ok, mungkin saja momen itu dapat memberi kenangan terbaik ketika anda bangun nanti – ITU JIKA anda benar benar dapat melakukannya. Tetapi untuk kebanyakan lucid dreamer yang kurang berpengalaman, aktifitas itu akan sulit untuk anda, dibutuhkan kemampuan mengontrol mimpi yang tinggi yang dapat bekerja sama dengan alam bawah sadar anda.

Saran saya, terima saja apa yang kamu dapatkan dan jangan memaksa untuk melakukan sex pada masa permulaan. Masih banyak waktu untuk mengasah kemampuanmu dan tidak menyia – nyiakan lucid dream anda yang berharga.

Kesalahan #9 – Bermimpi Tentang Lucid Dreaming
Ini benar – benar bukan sebuah “kesalahan” namun hal ini banyak menganggu para pemula.

Orang – orang akan mulai frustasi ketika mereka bermimpi tentang mengalami lucid dreaming atau mimpi di atas mimpi, tetapi mereka tak dapat masuk ke dalam lucidity pada saat itu. Hal yang harus anda tahu bahwa mimpi itu adalah “Mimpi Normal” anda yang seperti biasa sekalipun anda merasa bahwa anda mengalaminya.

Pernah sekali, saya bermimpi mengajarkan segala hal mengenai lucid dreaming tanpa mengetahui bahwa saya sedang bermimpi saat itu. Saya menjadi lucid pada akhirnya ketika professor saya menghampiri saya dengan berkata “ayo kita lakukan lucid dreaming sekarang” hal itu seperti menghantam saya hingga sadar “Tentu saja! Saya sedang bermimpi sekarang!”

Kenyataannya, di dataran mimpi, saya jarang menghubungkan lucid dreaming dengan menanyakan realita saya atau meminta kesadaran yang lebih hebat. Itu Cuma sekedar kata – kata. Untuk menjadi lucid, saya biasanya berpikir seperti “Saya sedang tidur sekarang” atau yang paling baik “Semua ini Cuma mimpi”, untuk apa harus memikirkan tentang dunia unik seperti lucid di dalam lucidity saya sendiri – Apa arti hal ini bagi kebanyakan orang? Penjelasan? Jika anda bertemu seseorang mengatakan ‘sadar’ di dalam mimpi anda atau ‘kendalikan’, itu tidak akan berarti apa – apa, kan? Semua itu anda yang harus menyadarinya.

Jadi, jangan terlalu bergantung pada kata: ‘Lucid Dreaming’ untuk mencapai Lucidity. Alam bawah sadar anda akan segera menstimulasi dan menyadarkan anda dengan sendirinya jika anda sering mempelajarinya lebih dalam.

Kesalahan #10 - Mengabaikan Kesadaran Di Balik Mimpi
Sebelumnya sudah dibahas mengenai tujuan fisik seperti dream sex atau mencoba terbang sebelum mengerti bahwa pikiran anda di dalam mimpi itu sedang melayang – tidak secara fisik.

Namun, banyak pemula tidak menyadari bahwa masih banyak waktu untuk ber-lucid dreaming dibanding belajar untuk mengontrol mimpi. Tentu saja, beberapa lucid dreamer expert fokus kepada cara mengontrol mimpinya, dan melihat ini sebagai alat instant super untuk benar – benar menguasai mimpi mereka. Sekaligus, menganggap lucidity sebagai akar; atau gerbang untuk berkomunikasi dengan alam bawah sadar mereka (Nurani).

“Apa artinya itu? Dan bisakah menjamin atau memberi kepuasan dari benar – benar terbang, sex, teleportasi, menjelajahi angkasa, menembus waktu, dan segala hal yang dapat memuaskan kami di dalam lucid dream?”

Salah satu penemu di area ini adalah “Robert Waggoner”, yang mengajarkan kepada kita bahwa ada sebuah kesadaran di balik mimpi yang tidak boleh kita abaikan. Kesadaran inilah yang disebut – sebut sebagai alam bawah sadar, jiwa atau inner-self (nurani). Ini adalah bagian dalam diri anda yang berperan sebagai ‘silent observer’ ketika anda bangun (kenyataan), dan mulai beraksi dengan melakukan hal – hal di dalam mimpi anda ketika anda tertidur sesuai dengan apa yang ia lihat, rasakan dan yang ia dengar.

Jadi, apa yang ingin disampaikan alam bawah sadar kepada kita?

Ada area yang dapat anda gunakan untuk mengeksplorasi hal ini. Tidak seperti Non-Lucid dream, yang kebanyakan menjadi analisis dan hasil mimpi yang abstrak. Sekarang kita mendapatkan kesempatan untuk mengetahui apa arti dari sebuah mimpi sebenarnya.

Ini lebih mudah daripada menjadi seseorang yang berkuasa dalam mimpi anda dan memanipulasi kesadaran anda untuk bertemu dan melakukan keinginan anda di dunia nyata, mengapa tidak mundur selangkah dan bertanya apa yang ingin ia tunjukkan kepada anda? Mengapa tidak:

  • Tanyakan kepadanya, karakter mimpi seperti apa yang mewakili dirinya
  • Tanyakan kepada karakter mimpinya apa ia ingin membawa anda ke sebuah tempat yang menarik
  • Mintalah mimpi anda untuk menunjukkan anda sesuatu yang mengagumkan
  • Mintalah mimpi anda untuk menunjukkan dan membuat anda merasakan cinta yang tidak bersyarat
  • Tanyakan mimpi anda sendiri seperti: ‘Apa tujuan anda dalam hidup ini?’


Kesempatan anda tidak terbatas dan anda akan segera mengetahui segala hal terdalam di psikilogi anda yang mungkin tidak pernah anda tahu bahwa itulah yang selama ini ada di dalam diri anda.

Jawaban dari segala tempat akan datang bersamaan, seperti kesadaran yang lain yang terpisah dari diri anda. Dan anda bisa melihat hal ini dari sisi yang berbeda membuat anda dan mengerti arti sesungguhnya dari lucid dream anda.

 Ingat! Yang paling mengerti dan yang paling mengenal anda adalah Diri Anda Sendiri.

Lucid Dream adalah berkah yang sangat Luar Biasa dari Tuhan.

2 komentar:

  1. saya harap artikel ini adalah artikel paling berguna...:)
    #semoga sukses
    @DREAMINGROOKIES

    BalasHapus